Studi Kasus
Pengambilan Keputusan Jasa Warnet
Tujuan
Penelitian
1. Untuk
mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran, faktor individu konsumen, dan
faktor
lingkungan
terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet
baik secara
simultan maupun secara parsial.
2. Untuk
mengetahui pengaruh paling dominan dari faktor bauran pemasaran, faktor
individu konsumen, dan faktor lingkungan terhadap pengambilan keputusan
pemakaian jasa warnet.
Manfaat
Penelitian
1. Bagi pengelola
warnet, penelitian ini dapat memberi informasi yang berguna dalam bidang
pemasaran dan lebih fokus pada perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan
pemakaian jasa warnet. Bagi masyarakat, sebagai pertimbangan dalam mengambil
keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember dengan memperhatikan
faktor-faktor yang disediakan warnet tersebut.
2. Bagi peneliti,
hasil kajian ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pada bidang
pemasaran
khususnya mengenai faktor-faktor perilaku konsumen dan dapat memperkaya
temuan-temuan yang sudah ada. Sedangkan bagi peneliti berikutnya, sebagi bahan
pertimbangan
dalam mengangkat
masalah yang sama beserta pemecahannya.
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Responden dalam
penelitian ini merupakan pemakai warnet dengan jumlah responden sebanyak 85
orang.
Hasil Uji
Validitas Instrumen penelitian menunjukkan bahwa semua item penelitian adalah
valid. Hal ini dapat diketahui dari signifikansi hasil perhitungan korelasi
lebih kecil dari 0,05. Hasil pengujian reliabilitas instrumen penelitian, menunjukkan
bahwa semua penelitian adalah reliabel. Hal ini dapat diketahui bahwa semua
variable penelitian ini mempunyai koefisien keandalan/alpha sama atau lebih
besar dari 0.6.
Dalam pengolahan
data dengan menggunakan regresi linier berganda, dilakukan beberapa tahapan
untuk mencapai hubungan antar variabel dependen dengan variabel independen.
Anggka R Square
atau koefisien determinasi adalah 0.781, hal ini berarti 78.1% variasi
dari variabel dependen, sedangkan sisanya 21.9% dijelaskan oleh variabel lain
diluar model dan error.
Dari keempat belas
variabel indepemden yang dimasukkan kedalam model regresi terdapat simbilan
variabel signifikan, hal ini dapat dilihat dari probabilitas (Sig) lebih kecil
dari 0.05, sedangkan lima variabel tidak signifikan. Hal ini dapat dilihat dari
probabilitasnya yang lebih besar dari 0.05. dari sini dapat disimpulkan bahwa
keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember (Y) dipengaruhi oleh : Product
(X1), Price (X2), Promotion (X3), Personal Traits (X4), Place (X5), Process (X6),
Physical Evidence (X7), Motivasi (X8), Persepsi (X9), Sikap (X10), Pembelajaran
(X11), Budaya (X12), Kelas Sosial (X13), dan Kelompok Acuan (X14), dengan
Persamaan Regresi sbb :
Y = 0.246 XProduct
(X1) + 0.266 XPrice (X2) + 0.248 XPersonal Traits (X4) + .234 XPlace (X5) +
0.146 XProcess (X6) + 0.239 XMotivasi (X8) + 0.128 XPersepsi (X9) + 0.098
XBudaya (X12) + 0.084 XKelompok Acuan (X14) + Error
Dari uji ANOVA
yang memperlihatkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
(30.754 > 3.46), ini bisa dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000
< 0.050. Hal ini berarti bila factor-faktor perilaku konsumen ditingkatkan
secara simultan maka akan berdampak pada keputusan pemakaian jasa warnet dan
sebaliknya, jika faktorfaktor perilaku konsumen menurun secara simultan maka
akan mengakibatkan penurunan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet.
Berdasarkan hasil
analisis berganda diperoleh bahwa variabel-variabel bauran pemasaran (Product,
Price, Promotion, Personal Traits, Place, Process, Physical Evidence), Individu
Konsumen (Motivasi, Persepsi, Sikap, Pembelajaran), dan Pengaruh Lingkungan
(Budaya, Kelas Sosial, Kelompok Acuan) yang ada pada warnet di kota Jember,
secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen
memakai jasa warnet di kota Jember. Dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel :
30.754 > 3.46 pada taraf nyata 5%, dan nilai signifikansi sebesar 0.000 <
0.050. Sedangkan secara parsial variabel-variabel bauran pemasaran (Product,
Price, Personal Traits, Place, Process), Individu Konsumen (Motivasi,
Persepsi), dan Pengaruh Lingkungan (Budaya, Kelompok Acuan) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember. Namun
variabel (Promosi, Physical Evidence, Sikap, Pembelajaran dan Kelas Sosial),
secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet di kota Jember.
Produk (X1) Secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet (Y)
sebesar 0.246. Hal ini mempunyai arti bahwa Product yang berkualitas dan citra
yang baik dengan didukung Mereka/namamenyebabkan pengaruh terhadap keputusan
pemakaian jasa warnet di kota Jember.
Price (X2) Secara
parsial berpengaruh signifikan dan dominan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y) sebesar 0.266. Hal ini mempunyai arti bahwa jumlah biaya atau dana
yang dikeluarkan oleh konsumen selama akses penggunaan internet mempunyai
pengaruh domonan terhadap keputusan
pemakaian jasa
warnet.
Promotion (X3)
Secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y). Hal ini mempunyai arti bahwa pemberian informasi mengenai
keberadaan warnet melalui publikasi (surat kabar) atau komunikasi dari mulut ke
mulut tidak menyebabkan pengaruh terhadap keputusan konsumen memakai jasa
warnet
Personal Traits
(X4) Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y) sebesar 0.248. Hal ini mempunyai arti bahwa kegiatan-kegiatan atau
pelayanan yang diberikan kepada pengunjung warnet baik dari sesi kualitas
pelayanan karyawan maupun dari kecepatan akses, mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet.
Place (X5) Secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet (Y)
sebesar 0.234. Hal ini mempunyai arti bahwa lokasi dimana warnet berada, atau
dengan kata lain lokasi yang strategis dalam arti relatif dekat kampus dan
sekolah, menyebabkan pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap keputusan
pemakaian jasa warnet
Process (X6)
Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y) sebesar 0.146. Hal ini mempunyai arti bahwa peraturan-peraturan, yaitu
ketentuan-ketentuan dan pedoman yang ditetapkan oleh pemilik warnet menyebabkan
pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
Physical Evidence
(X7) Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y).
Motivasi (X8)
Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y) sebesar 0.239. Hal ini mempunyai arti bahwa Motivasi yang merupakan
dorongan kebutuhan dan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untuk
memperoleh kepuasan adanya harapan untuk lebih cepat mengetahui informasi
global yang terjadi.
Persepsi (X9)
Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y) sebesar 0.128. Hal ini mempunyai arti bahwa Persepsi mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet.
Sikap (X10) Secara
parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y). Hal ini mempunyai arti bahwa Sikap
berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen memakai jasa warnet Pembelajaran
(X11) Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y).
Budaya (X12)
Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y) sebesar 0.098. Hal ini mempunyai arti bahwa Budaya yang merupakan
nilai-nilai atau normamorma dan kebiasaan mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet.
Kelas Sosial (X13)
Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
(Y). Hal ini mempunyai arti bahwa Kelas tidak menyebabkan pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan konsumen memakai jasa warnet
Kelompok Acuan
(X14) Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa
warnet (Y) sebesar 0.084. Hal ini mempunyai arti bahwa Kelompok Acuan yang
merupakan kelompokkelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak
langsung terhadap sikap dan prilaku seseorang mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet
Tingkat pengaruh
keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember dapat dijelaskan oleh
factor-faktor prolaku konsumen sebesar 78.1% dan sisanya 21.9% merupakan
kontribusi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini dan error.
Price merupakan variabel dominan dalam keputusan pemakaian jasa warnet di kota
Jember dengan standardized coefficient sebesar 0,266.
KESIMPULAN
1. Hasil analisis
regresi berganda dengan menggunakan uji F dan uji t menyatakan bahwa secara
simultan maupun secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara
variabel-variabel Bauran Pemasaran (Product, Price, Personal Traits, Place,
Process), Individu Konsumen (Motivasi, Persepsi), dan Pengaruh Lingkungan
(Budaya, Kelompok Acuan), terhadap keputusan pemakaian jasa warnet (Y) di kota
Jember. Dengan demikian hipotesis pertamayang menduga bahwa factor Bauran
Pemasaran, Individu Konsumen, dan Pengaruh Lingkungan baik secara simultan
maupun parsial berpengaruh secara signifikan dalam pengambilan keputusan
pemakaian jasa warnet terbukti kebenarannya, atau diterima.
2. Hasil
perhitungan berdasarkan standardized coefficient juga menyatakan bahwa variabel
yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di kota
Jember adalah Price. Setelah itu diikuti secara berturut-turut oleh Personal
Traits, Product, Motivasi, Place, Proces, Persepsi, Budaya, Kelompok Acuan.
Berarti hipotesis kedua yang diajukan dalam penelitian ini yang menduga bahwa
dari faktor-faktor perilaku konsumen, Price mimiliki pengaruh dominan dalam
pengambilan keputusan konsumen memakai jasa warnet di kota Jember, dapat
diterima kebenarannya.
3. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemakai jasa warnet di kota Jember mayoritas dari
kalangan mahasiswa dan pelajar, dan semakin tinggi pendapatan konsumen
cenderung semakin jarang ke warnet. Hal ini dimungkinkan karena pemakai sudah
mempunyai akses internet sendiri di rumah.
4. Secara prinsip,
hasil penelitian ini tidak berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya.
Faktorfaktor prilaku konsumen mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemakaian
jasa warnet di kota Jember.
Daftar
Pustaka
James
F. Angel, Roger D Blackwell, dan Paul W Miniard (1995)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar